About

Khasiat Daun Kersen untuk diabetes dan penyakit-penyakit gawat lainnya

loading...
Loading...

Diabetes melitus atau kencing manis adalah salah satu penyakit yang tidak bisa disembuhkan, dalam artian, orang yang telah mengidap penyakit ini tidak akan bisa sembuh total, meski berobat ke dokter spesialis, atau bahkan ke rumah sakit diluar negeri sekalipun.

Makanya tidak heran, kita sering kali mendengar orang sangat aware akan pencegahan penyakit ini, karena sekali saja orang telah mengidap penyakit ini, maka selamanya penyakit ini akan bercokol didalam tubuh secara permanen.

Wah... ngeri juga yah.. Tapi tenang, meski tidak dapat disembuhkan secara total, tetapi pasien atau orang yang mengidap diabetes melitus masih bisa kok menjalani hidup secara normal, sama seperti orang sehat lainnya.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah penderita diabetes harus bisa mempertahankan kadar gula dalam darahnya, supaya tetap normal. Tujuannya adalah untuk mencegah agar tidak berkembang penyakit lain yang lebih berat dari penyakit awal, atau sering disebut juga sebagai komplikasi, sebagai dampak dari tidak normalnya kandungan gula didalam darah.

Bagaiaman menjaga kandungan gula dalam darah tetap normal?

Tentu saja penderita diabetes harus memeriksakan diri ke dokter atau rumah sakit terdekat untuk didiagnosa jenis penyakit diabetesnya, kemudian dokter akan memberikan resep obat yang harus diminum rutin oleh pasien.


Disamping dengan cara medis, ternyata banyak juga penderita diabetes yang menggunakan cara tradisional yakni dengan resep herbal untuk menjaga kadar gula dalam darahnya supaya tetap normal.
Dan diantara beberapa jenis tanaman yang sudah terbukti ampuh untuk menormalkan kadar gula dalam darah, ternyata salah satunya adalah tanaman Kersen. Dan kandungan terbaik zat untuk penderita diabetes terbanyak terdapat dalam daun kersen.

Khasiat daun kersen untuk menormalkan kadar gula dalam darah sudah banyak yang membuktikan. Testimoni demi testimonipun sudah sering kita dengar dari mulut kemulut.

Kandungan zat yang terdapat dalam daun kersen adalah saponin dan flavonoid, dua zat ini berfungsi sebagai anti oksidan yang menyekresi hormon insulin, dimana hormon ini sangat dibutuhkan tubuh kita untuk proses metabolisme gula.

Cara ini sebenarnya sudah dikenal sejak dulu, namun banyak orang yang belum tahu karena keterbatasan informasi, disamping karena faktor ketidak percayaan masyarakat akibat meremehkan khasiat daun yang kalau dilihat sekilas seperti daun-daun lain yang tidak memiliki fungsi yang bagus untuk kesehatan.

Daun kersen atau sering juga disebut daun Talok sebenarnya sudah sejak lama digunakan masyarakat untuk berbagai macam pengobatan.

Ada pengalaman tetangga yang bapaknya sudah sejak lama mengidap diabetes melitus, dan dikakinya terjadi luka basah dan bernanah, sudah berobat kemana-mana tak kunjung sembuh, akhirnya ada seseorang yang memberi tahu untuk rajin meminum air rebusan daun kersen. Mungkin karena sudah capek dan lelah dengan segala pengobatan medis dan orang pintar yang tak kunjung membuahkan hasil, pihak keluargapun akhirnya menuruti saran dari orang tersebut. 


Dan keajaibanpun terjadi, setelah rutin meminum air rebusan daun kersen luka dikaki bapak itu mulai mengering.


Tetangga saya akhirnya membagikan resep obat herbal tersebut kepada sanak sodara yang salah satu anggotanya terkena penyakit diabetes juga. Menurutnya, bapaknya itu setiap hari dikasih minuman rebusan daun kersen sehari 2 kali, pagi sing dan sore. Takarannya adalah ambil 15 daun kersen, rebus dengan 4 gelas air, dan tunggu sampai warna air menjadi keruh kekuningan, atau air yang tersisa dipanci tinggal dua gelas, lalu tunggu sampai dingin, dan bisa langsung diminum.

Jika sudah terlihat hasilnya yakni dengan mengeringnya luka, maka sebaiknya konsumsi air rebusan daun kersen ini jangan dihentikan, karena selain bisa untuk mengobati diabetes, daun kersen juga memiliki khasiat lain yang tak kalah penting. Diantaranya adalah untuk mencegah timbulnya penyakit tumor, karena sifat flavonoid sendiri yang anti radikal bebas adalah musuh bagi sel-sel tumor maupun kanker. Selain itu manfaat lain daun kersen adalah sebagai obat radang serta inflamasi, merupakan antiseptik yang paling baik.

Bahkan penelitian terakhir menyebutkan, daun kersen juga memiliki khasiat yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan otot-otot pada organ vital jantung. Khasiat lainnya dari penelitian ini juga membuktikan jika daun kersen ternyata sangat baik untuk mengobati penderita kolesterol, dan asam urat.

Daun kersen juga bisa dikonsumsi sebagai teh, caranya dengan mengeringkan daun kersen pada suhu ruang, sampai kadar kekeringannya mencapai 70 persen, lalu seduh seperti menyeduh teh biasa, usahakan jangan pakai gula untuk pemanis. Jika anda rajin minum teh daun kersen ini, niscaya tubuh anda akan bugar karena teh daun kersen ini sangat ampuh untuk membuang racun-racun dalam tubuh terutama racun yang tertahan pada jantung.





loading...

0 Response to "Khasiat Daun Kersen untuk diabetes dan penyakit-penyakit gawat lainnya"

Posting Komentar