About

Benarkan Bulan Shafar adalah Bulan Sial? Inilah Jawabannya!

loading...
Loading...



Bulan safar 2016 jatuh pada bulan Oktober 2016 Tahun Masehi. Banyak mitos miring yang beredar dikalangan masyarakat kita tentang bulan safar, misalnya mitos pernikahan di bulan safar yaitu "keluarga kedua mempelai banyak hutang, pengantin baru akan menderita dala berumagh tangga, sekalipun telah berusaha semaksimal mungkin, tetapi hasilnya nihil".

Selain mitos pernikahan, beberapa masyarakat hingga kini ada yang menghindari hari Sabtu dan Ahad pada bulan Safar untuk melakukan aktivitas apa pun, karena dianggap angker. Sementara tanggal yang harus dihindari adalah tanggal 1, 10 dan 20 Safar. Hari Senin dan Selasa pada bulan Safar juga dianggap hari buruk, dihindari untuk acara tertentu.

Benarkah bulan safar merupakan bulan sial/banyak keburukan? Untuk lebih jelasnya, berikut kami paparkan beberapa peristiwa penting di bulan safar yang mungkin belum kalian ketahui dan patut untuk diketahui. Bulan safar adalah bulan kedua setelah Muharam dalam kalendar Islam (Hijriyah) yang berdasarkan tahun Qamariyah (perkiraan bulan mengelilingi bumi). Safar artinya kosong atau nol. Dinamakan Safar karena dalam bulan ini orang-orang Arab dulu sering meninggalkan rumah untuk menyerang musuh.

Dari Abu Hurairah r.a., Rasulullah Saw bersabda, “Tidak ada penyakit menular (yang berlaku tanpa izin Allah), tidak ada buruk sangka pada sesuatu kejadian, tidak ada malang pada burung hantu, dan tidak ada bala (bencana) pada bulan Safar (seperti yang dipercayai).”
loading...

0 Response to "Benarkan Bulan Shafar adalah Bulan Sial? Inilah Jawabannya!"

Posting Komentar