About

Rahasia Dibalik Sosok Nyai Roro Kidul yang banyak dibicarakan orang antara ada dan tiadanya Sosok Nyai Roro Kidul

loading...
Loading...



RAHASIA NYAI RORO KIDUL SANG RATU LAUT SELATAN

Nyai Roro Kidul merupakan sosok yang menyerupai seekor putri duyung atau yang sering kita kenal dengan manusia setengah ikan. Nyai Roro juga bisa menjelma menjadi sosok manusia biasa. Nama lain dari Nyai Roro Kidul adalah Ratu Laut Selatan atau Gusti Kanjeng Ratu Kidul. Beliau dipercayai masyarakat Jawa kuno sebagai penunggu laut selatan pulau Jawa, bahkan masih dipercayai sampai sekarang.

Selain itu, Sang Ratu Selatan ini juga bisa menjadi sosok ular naga. Sosok ini dikenal sejak pada zaman kerajaan Pajajaran. Raja Pajajaran memiliki seorang putri yang terserang penyakit kulit (Putri Bersisik). Penyakit putri raja Pajajaran dikaitkan dengan bentuk sisik ular. Sehingga dengan adanya cerita itu, masyarakat mempercayai bahwa sosok Ratu Kidul juga bisa menjadi ular naga. Karena disamping bersisik, Ratu Kidul juga bisa terbang. Hal ini dikuatkan dengan fakta masyarakat di daerah pantai laut selatan yang pernah melihat sosok ular raksasa di laut Selatan ini.

Nyai Roro Kidul akhirnya dijadikan sosok Ratu yang kuat dan populer di dalam mitos Jawa kuno. Bukan hanya mitos Jawa Kuno, Ratu Kidul juga diangkat dalam mitos istana kerajaan, dan dongeng-dongeng tradisional. Bahkan Nyai Roro Kidul yang berparas cantik dipercayai sebagai nenek moyang bagi orang Jawa dan Sunda. Nyai Roro kidul juga pernah menjelma sebagai seorang putri yang cantik jelita saat bulan purnama tiba dan berubah menjadi perempuan tua pada lain waktu. Sri Sultan Hamengkubuwono IX menceritakan hal ini disaat Sang Sultan mempunyai pengalaman bertemu dengan roh Ratu Kidul dalam acara pertemuan rohani.

Baca Juga : Ajian Semar Kuning Ampuh Tanpa Puasa Tanpa Pantangan

Untuk menghormati roh Sang Nyai Loro Kidul (Sebutan untuk orang Jawa), para nelayan melaksanakan upacara tahunan yang dikenal dengan Sedekah Laut. Perayaan ini dilaksanakan masyarakat sejak lama dengan melarungkan atau menghanyutkan beberapa benda . Benda-benda tersebut seperti hasil pertanian, hasil palawija, buah-buahan, hasil melaut, beberapa ekor ayam, bahkan kain batik dan produk kecantikan. Hal ini dilakukan bertujuan agar masyarakat berharap kepada Nyai Roro Kidul akan memberkati dan mempermudah masyarakat dalam mendapatkan banyak kebaikan. Contoh hal kebaikan yang diharapkan masyarakat adalah hasil pertanian meningkat, hasil melaut melimpah dan cuaca cerah tanpa ada badai besar di laut selatan.

Bahkan dalam dunia nyata, ada beberapa tempat yang dipercaya menjadi pintu gerbang untuk bertemu Nyai Roro Kidul. Berikut ini adalah tempat-tempat yang dipercaya menjadi pintu gerbang Nyai Roro Kidul.
Pantai Pelabuhan Ratu, Jawa Barat, Pantai ini memang terhubung dengan mitos Nyai Roro Kidul yang tinggal di lokasi ini, khususnya di sebuah kamar Hotel Inna Samudera.
Hotel Inna Samudera, Jawa Barat, Inilah satu-satunya hotel yang menyediakan kamar untuk Nyai Roro Kidul. Di hotel ini terdapat banyak baju dan perhiasan yang di persembahkan pengunjung untuk Nyai Roro Kidul.
Keraton Surakarta Hadiningrat, Jawa Tengah, Keraton yang satu ini adalah keraton pecahan dari Kraton Yogyakarta yang masih menyimpan sejuta misteri tentang Nyi Roro Kidul. Menurut masyarakat, Panggung Sangga Buwana yang terdapat di kraton ini dijadikan tempat pertemuan Sultan Surakarta dengan Nyai Roro Kidul. 


Pantai Sembukan, Jawa Tengah, Pantai Sembukan yang berada di Dusun Sembukan, Paranggupito, kabupaten Wonogiri ini merupakan pintu ke-13 penguhubung antara alam Nyai Roro Kidul dengan raja-raja kerajaan Surakarta untuk melangsungkan pertemuan.
Pantai Parangtritis, Yogyakarta, Tentu Pantai Parangtritis tidak asing lagi masyarakat di seluruh Indonesia. Di pantai ini dipercayai sebagai tempat dimana Nyai Roro Kidul berada. Untuk menuju ke pantai ini diharuskan para pengunjung tidak memaki baju hijau. Karena para warga sekitar mempercayai bahwa orang yang memakai baju hijau akan dijadikan pelayan Sang Nyai Roro Kidul. Pantai Parangtritis juga menjadi salah satu tempat persembahan sesajen pada setiap malam 1 Suro.
Vihara Kalyana Mitta, DKI Jakarta, Ternyata bukan hanya disekitar Yogyakarta yang memiliki pintu gerbang Nyai Roro Kidul. Di Jakarta ada Vihara Kalyana Mitta yang. Di dalam Vihara ini terdapat tempat pemuliaan Kanjeng Ratu Kidul ini, tepatnya berada di bawah tanah. Walau di bawah tanah, dinding-dinding Vihara memiliki banyak lukisan Nyai Roro Kidul dan lengkap dengan pusaka-pusakanya.

Dibalik kehidupan nyata, ada beberapa fakta yang tidak dipercayai tentang mitos Nyai Roro Kidul. Tapi dengan ditemukannya benda-benda yang unik dan memiliki kekuatan supranatural dari Sang Nyai Roro Kidul, masyarakat mulai perlahan-lahan mempercayai mitos ini. Dengan ditemukannya benda-benda bertuah, banyak orang yang tertarik untuk memiliki benda tersebut. Namun untuk mendapatkan benda ini tidak sembarang orang mampu mendapatkannya. Tapi dengan adanya jasa pencari benda pusaka dari perusahaan Asosiasi Parapsikologi Nusantara, akhirnya semua orang mudah untuk memiliki benda pusaka dari Nyai Roro Kidul. Masih Seputar Ilmu Pengasihan; Anda bisa baca & Pelajari —> Nyi Roro Kidul-com
loading...

0 Response to "Rahasia Dibalik Sosok Nyai Roro Kidul yang banyak dibicarakan orang antara ada dan tiadanya Sosok Nyai Roro Kidul"

Posting Komentar