About

Mitos Gunung Slamet

loading...
Loading...
Mitos Gunung Slamet


Gunung Slamet

Gunung Slamet adalah Gunung berapi yang masih aktif, Gunung penyambung wilayah Jawa Tengan dan Jawa Barat, berada di perbatasan Kabupaten, Brebes, Banyumas, Purbalingga, Tegal dan Pemalang. Dengan ketinggian 3,428  mdpl Gunung Slamet adalah gunung merapi kedua tertinggi di Jawa setelah Gunung Semeru. Dalam Bahasa Arab nama Gunung Slamet berarti membawa selamat, dan sesuai dengan namanya, walaupun tidak pernah diam, Gunung Slamet tidak pernah meletus besar, semoga selalu selamet dan menyelamatkan. Membawa keberkahan dan ketentraman bagi masyarakat di sekitarnya.

Gunung Slamet dari jauh tampak terlihat Agung, apalagi dengan pesona alam nya yang indah, dan Seperti hal nya gunung-gunung lain, Gunung Slamet juga memiliki mitos yang menyebar dari mulut ke mulut warga di lereng sekitarnya yang terkait dengan asal usul dan berbagai cerita kuno dari orang-orang tua masyarakat sekitar. Apalagi letak Geografis Gunung Slamet yang nyaris berada ditengah antara pantai selatan dan pantai utara

Ada mitos yang berkembang di masyarakat yang mengatakan bahwa jika Gunung Slamet meletus besar maka akan membelah pulau Jawa dan akan ada rekahan besar seperti parit membujur dari laut utara ke selatan dan terisi air laut hingga menyatu, akan menyebabkan wilayah Barat dan Timur akan menjauh. Bagi masyarakat sekitar yang mempercayainya, ini adalah salah satu mitos yang menakutkan.

Dan mitos ini sesuai dengan ramalan Sri Aji Joyoboyo atau biasa dikenal dengan nama Ki Jayabaya yang hidup pada awal Abad ke 12 yang mengatakan bahwa pulau Jawa akan terbelah disebabkan amblasnya permukaan tanah dari Utara ke Selatan.

Kisah dari Gunung Slamet selain kabar mitos ada juga cerita misteri yang beredar di masyarakat sekitar. Ada kisah dari tempat pemandian air panas Guci, Tempat pemandian Guci adalah tempat wisata yang cukup populer. Guci terletak di Kabupaten Slawi, Tegal, Jawa Tengah. Air terjun guci mengandung belerang konon bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit, namun dibalik itu ada kisah mistis didalam nya. Mungkin karna letak nya di lereng Gunung Slamet, ada banyak cerita yang beredar, jika di Guci juga ada tempat pesugihan dan ada siluman nya, yang biasa disebut Naga Cerek.

Ada pula kisah mistis lainnya, yakni kisah makhluk kerdil di tempat pendakian dari arah atau jalur Guci, Namun jarang orang yang melihatnya karna makhluk ini seperti takut jika melihat manusia, jika ada pendaki yang lewat dia akan bersembunyi. Konon cerita, dahulu nya makhluk kerdil itu adalah seorang pendaki yang tersesat, dia bertahan hidup layak nya sekor hewan yang tinggal di Hutan, memakan apa saja yang tersedia di Hutan, sampai akhir nya dia kehilangan jati diri nya sebagai manusia.


Ada pula cerita mistis dari Pos Samarantu, kata nya Samarantu berasal dari kata "samar dan Hantu" Samarantu adalah Pos 4 tempat pendakian dari jalur Bambangan, konon cerita, banyak makhluk gaib atau Demit yang mengganggu para pendaki yang melewati Pos ini, makhluk ini akan hadir dengan penampakan nya yang samar-samar, kadang menyamar seperti manusia.

Itulah sekelumit cerita mitos dan mistis di balik keagungan Gunung Slamet Jawa Tengah, Gunung memang tidak akan terlepas dari cerita mitos dan mistis nya. Bagaimanapun tentu ada sejarah mengiringi keberadaan gunung itu, dan Gunung itu adalah saksi bisu berabad-abad dalam sejarah kehidupan manusia disekitar nya.



Walaupun ada cerita mistik nya, tempat wisata Guci tetap selalu ramai dengan pengunjung, tempat nya yang sejuk dan masih asri, membuat banyak wisatawan yang ingin kembali lagi menikmati pemandian air panas ini.
loading...

0 Response to "Mitos Gunung Slamet"

Posting Komentar