About

Cerita Ahok Soal Soeharto Kirim Beras ke Manado Malam Hari

loading...
Loading...

Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Calon Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, memuji cara yang dilakukan Presiden ke-2 Republik Indonesia, Soeharto, untuk memastikan harga sembilan bahan pokok di Indonesia selalu terjangkau.

Meski kepala pemerintahan, Presiden yang memiliki latar belakang jenderal militer itu adalah pihak yang memantau kondisi ketersediaan pangan di daerah-daerah.

Saat Soeharto mengetahui stok beras di gudang pemerintah di Manado, Sulawesi Utara, kosong, Ahok mengatakan, Soeharto segera memerintahkan stok dipenuhi. Pemenuhan stok tidak selalu mengandalkan ketersediaan beras di daerah yang berada di dekat Manado.

Jika daerah yang memiliki ketersediaan stok beras berlebih adalah Jakarta, Soeharto memerintahkan supaya stok itu dikirim ke Manado yang jaraknya ribuan kilometer.

"Pada malam itu, Presiden bisa perintahkan (pesawat) Hercules kirim beras ke Manado," ujar Ahok, berbicara kepada pendukungnya di Rumah Lembang, markas pemenangan Ahok - Djarot di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI 2017 di Menteng, Jakarta Pusat, Jumat, 16 Desember 2016.

Menurut Ahok, hal itu membuat pemerintah segera menjadi penguasa pasar lagi di Manado. Pedagang yang memiliki niat menaikkan harga beras, karena melihat ada kekurangan stok, tidak bisa melakukannya. Akibatnya, masyarakat bisa kembali mendapat beras dengan harga murah karena stok yang berlimpah.

"Jadi yang dilakukan Pak Harto itu cerdas. Beliau selalu monitor mana (gudang) yang kosong yang mesti diisi," ujar Ahok.

Ahok mengatakan, Pemerintah Provinsi DKI yang ia pimpin melakukan hal yang tidak jauh berbeda. Melalui tiga Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang bergerak di bidang pangan, PD Pasar Jaya, PD Dharma Jaya, dan PT Food Station Tjipinang Jaya, pemerintah memastikan pengendalian terhadap stok semua jenis sembako di Jakarta.

Ahok yakin jika terpilih kembali menjadi Gubernur DKI, pengendalian itu akan terlaksana optimal. Pemerintah tidak hanya menjadi penguasa komoditi beras, namun komoditi pangan strategis lain, termasuk daging sapi dan minyak goreng. "Saya yakin tahun depan kita akan kuasai semua pasar sembako," ujar Ahok.
loading...

0 Response to "Cerita Ahok Soal Soeharto Kirim Beras ke Manado Malam Hari"

Posting Komentar